Anti klik kanan

Saturday

Tahap perakitan kerangka Line Tracer Robot

Langkah-langkah untuk merakit robot ini sebagai berikut :
1. Siapkan PCB IC bolong, lalu pasang dan solderlah komponen sesuai rangkaian yang ada pada postingan sebelumnya 
2. Beri tegangan 6V, atur pemberian cahaya pada LDR tersebut dengan membuka atau menutup permukaan LDR tersebut dengan jari atau kertas, atur trimpot/potensiometer sehingga hasilnya optimal. Bagian ini ialah bagian yang paling kritis di dalam pembuatan robo tini, karena kalau tuning tidak tepat, aka robot beralan tidak sesuai jalur yang dibuat.
3. Jika sudah selesai, pasanglah pada acrilic dengan tampilan seperti berikut :
picture1
4. Pasanglah PCB dan pendukungnya pada acrilic. Hubungkan kabel motor DC ke keluaran PCB. Hubungkan baterai 6V ke input Supply PCB. Berikut ini rangkaian tampak bawah:
image014
5. Jika sudah dirakit cobalah jalankan pada lantai yang sudah dipasang jalur hitam berkelok (dapat menggunakan lakban), maka robot akan beralan mengikuti jalur tersebut. Jika sensor kurang sensitif, putarlah perlahan-lahan trimpot/potensiometer robot tersebut, untuk hasil yang optimal. Pastikan sensor LDR berada cukup dekat dengan lantai. Jika putaran motor terlalu cepat, Anda dapat mengatur besar tegangan motor DC tersebut, misal menggunakan IC variabel regulator LM317. Gambar robot line tracer rakitan sederhana :
image016
Komponen - komponen dari robot line tracer saat ini sudah banyak dijual di pasaran. Untuk model dan spesifikasi robot dapat diubah sesuai dengan yang diinginkan. Pengembangan dari robot ini yang dikompetisikan biasanya adalah faktor kecepatan (racing robot), kekuatan (sumo robotic contes), akurasi lintasan, robot pemadam kebakaran, dsb. Selamat berkreasi 

(Sumber :http://arudewangga.blog.uns.ac.id/)

0 komentar:

Post a Comment

BERIKAN KOMENTAR ANDA TENTANG WEBSITE INI DENGAN MENGGUNAKAN FACEBOOK ANDA